Jumat, 14 November 2008

Sea Dragon

Diposting oleh Shofiorenza di 21.39

Mendengar nama binatang ini yang terbesit di otak kita adalah binatang yang mengerikan. Bagaimana tidak, dari namanya saja telah menampilkan sosok 'ganas', 'seram' dan 'sangar'. Ya, sea dragon atau naga laut. Binatang unik yang sungguh luar biasa ini hanya ditemui di lautan Australia. Jika kita melihat sosok tubuhnya, maka tidak salah bila binatang ini menyandang nama sea dragon. Namun, jangan salah sangka. Justru binatang ini termasuk binatang lemah.
Ini disebabkan ukuran tubuhnya yang kecil dan rentan lembut. Panjang tubuhnya antara 35-45 cm. Jika melihat sosok tubuhnya, kita pasti menduga bahwa sea dragon termasuk kuda laut. Tetapi sea dragon bukanlah kuda laut Mengapa sea dragon berbeda dengan kuda laut? Ada tiga hal yang membedakannya.
Yang pertama bentuk tubuhnya yang ekstrim. weedy sea dragon (Phyllopteryx taeniolatus) dan leafy sea dragon (Phycodurus eques) dapat dikenali secara baik dari bentuk tubuhnya yang unik. Yang kedua adalah sea dragon tidak memiliki 'kantong khusus' seperti kuda laut. Seperti yang kita ketahui, kuda laut memiliki kantong khusu ini untuk membesarkan dan memelihara anaknya, seperti kanguru. Yang ketiga, sea dragon tidak seperti kuda laut yang ekor kuda laut ini selalu menggantung di tanaman laut agar tidak terbawa arus.

0 komentar:

 

Shofiorenza Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting